Togean Islands : Persiapan Liburan

Awalnya pengen langsung posting soal pengalaman-pengalaman seru dari liburan gue disana karena gue pikir gak bakal banyak yang gue tulis. Tapi setelah gue liat-liat hasil-hasil foto, jadilah gue gak yakin. Kenapa? Ya karena gue mabok foto, hahaha😀😀 Iya, serius!!!

Jadilah gue butuh beberapa waktu untuk mulai nulis soal perjalanan yang gue mulai dari tanggal 9 sampe 13 Juni kemarin. Mungkin akan jadi 3 bagian. Yang pertama soal apa aja yang perlu elo siapin dan bawa, kedua soal pengalaman liburan pribadi, ketiga soal promosi resortnya sendiri.

Togean-MapTOGEAN – Terletak di Teluk Tomini, Kab. Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah, Indonesia – sumber 

Mari kita mulai untuk yang bagian pertama🙂

Gimana caranya biar bisa sampe ke Togean?

– Dari Gorontalo ke Wakai kira-kira makan waktu 11-12 jam dengan ferry. Itu jadwalnya tiap Selasa sama Jumat dan pemberangkatannya sekitar jam 8 malem.

–  Dari Poso ke Ampana lo mesti naik mobil rental, itu sekitar 4 jam. Harga tiketnya Rp. 60.000,- sekali jalan untuk PO. Touna Indah. Ada pemberangkatan pagi jam 8/9 atau sore jam 2. Lo mesti stay semalem di Ampana karena kapal adanya cuma pagi. Nah, dari Ampana ke Wakai kira-kira makan waktu 4-5 jam, naik kapal. Tiketnya Rp. 40.000,- Kapal tersedia pagi jam 10 setiap senin, rabu, sabtu (itu informasi yang gue dapet) tapi menurut brosur dari resort yang gue tinggali, tiap harinya ada kapal kok kecuali jumat. Jadi lo bisa dateng kapanpun elo mau.

– Dan dari Wakai ke Kadidiri gak usah pusing mikirin transportasinya karena begitu lo nyampe Wakai dan turun dari kapal, lo bakal dengan mudah nemuin boat dari resort-resort yang mau lo tinggalin. Dan itu gratis buat lo asalkan setelah numpang lo tinggalnya di resort mereka,😀

Hal-hal yang mesti lo siapin adalah :

1. Kacamata item – Kalo lo datengnya dari Gorontalo ya gak bakal begitu butuh untuk di kapal karena lo berangkatnya kan malem, tapi pastiin untuk gampang nemuinnya kalo lo dateng dari Ampana karena lo bakal ngabisin sepanjang hari dengan matahari yang bersinar (kebanyakan sih) kalo lo milih untuk duduk di dek depan. Saran gue sih emang bagusan duduk di dek aja karena lo akan sangat terpesona dengan gugusan pulau-pulau kecilnya daripada lo milih untuk tiduran di dalem kapal. Udah rame, sumpek, panas dan agak gak enak baunya.

2. Sunblock – Penjelasannya sama sih sama nomer 1

3. Topi – Kalo gak pengen rambut lo kebakar terpapar matahari, bagusan pake topi deh. Tapi waktu itu gue lupa bawa, jadinya rambut gue baunya agak kebakar campur keringet gitu.

4. Kamera – Must have item!!! Sejak awal pastiin untuk charge dari awal batrenya biar gak perlu panik kalo misalkan lagi dikapal terus mau foto-foto, taunya batre lo drained shutting down :p

5. Colokan panjang – Nah ini paling penting! Kenapa? Karena di sana tuh listrik adanya cuma dari jam 6 sore sampe malem sekitar jam 12an. Jadi kalo emang lo bawa kamera dan beberapa gadget lain yang boros batre, silakan bawa yang semacam ini. Sekali colok bisa ngecharge banyak.

6. Sandal jepit – Iya, karena males banget untuk jalan-jalan di pasir pake sepatu. Mending cari yang simple.

7. Handuk 2 biji – Kalo lo stay di resort yang sama kayak gue, Kadidiri Paradise, bawa satu aja cukup sih karena mereka bakal minjemin lo handuk 1. Tapi gak yakin deh sama resort lain. Black Marlin ada juga kayaknya, tapi kalo Pondok Lestari, gak tau.

8. Tas plastik yang lumayan gede – Pakaian bekas renang kan basah tuh, terus lo jemur dan gak kering pastinya bakal bau dong. Jadi baiknya siapin buat nampung baju-baju yang gak sempet kering biar tas lo gak bau juga.

9. Air putih, cemilan/roti – Paling penting juga karena kalo lo milih untuk berangkat dari Ampana maka itu berarti lo bakal sampe ke resort sekitar jam 2 apa 3 sore dan itu artinya lo udah lewat dari jam makan siang mereka. Maka akan sangat penting untuk punya makanan. Jangan sampe kayak gue yang udah laper banget malah diminta tunggu sampe makan malem. Untung masih punya crackers sama apel 3 biji sekalian setengah botol air. Lumajen!!!!😉

10. Buku – Kalo lo gak suka baca buku yang pake bahasa Inggris, bawa buku lo sendiri deh karena meskipun mereka punya tempat baca dan lo bisa minjem buku disitu, tapi bahasa Inggris.

Sejauh ini, kayaknya itu aja yang perlu lo siapin. Gue gak mesti ngejelasin soal peralatan dan kebutuhan pribadi lainnya kan? Gue harap ini akan lebih dari cukup buat lo karena semuanya gue ambil dari pengalaman pribadi gue selama perjalanan gue.

7 thoughts on “Togean Islands : Persiapan Liburan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s