Togean Islands’ Festival 2013 – Gratis!!!

Gue sepertinya emang udah ketagihan berat deh sama Togean. Setiap hari pasti browsing untuk nyari pengalaman orang lain yang liburannya ke kepulauan ini, pulau apa saja yang penting masih di daerah kepulauan terfavorit gue sampai saat ini deh, hehe… Dan tanpa bosan, gue pasti akan baca lagi berulang kali –kayaknya gue mulai terobsesi deh– apalagi kalo bisa liat-liat foto-foto mereka… Iiih seakan pengen bilang, “Kan…kan… bukan cuma gue yang pernah nikmatin keindahan itu.”๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰

Bumi memang baik banget dengan kita. Menyediakan tempat-tempat cantik di manapun untuk kita kunjungi dan nikmati keindahannya.

Dengan segala rasa ‘ingin mengunjungi lagi’, sekalinya gue dapet postingan seseorang yang menyatakan bahwa di akhir bulan ini akan ada Festival Kepulauan Togean, makin menjadilah kegilaan ini. Maaf, gue beneran lupa waktu itu di blog siapa. Coba deh yang pernah nulis soal festivalnya terus sempet baca tulisan ini langsung tunjuk tangan, ntar gue cek di blog kalian, apakah salah satunya yang udah bikin gue mupeng lagi๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€ Kenapa bisa lupa? Waktu itu setelah nemu berita bagusnya, langsung main tutup tabnya aja dan segera browsing sana sini lagi soal kejelasannya. Iya, jadi kan waktu gue liburan kesana udah sempat denger juga dari staffnya, hanya saja katanya belum ada kejelasan mau diadakan tahun ini apa gimana. Ada yang bilang mau dirangkaikan dengan acara Sail Tomini 2014. Tapi…, dari yang gue temukan adalah acara ini sudah direncanakan diadakan tanggal 23-26 Juli 2013 akan jadi kampanye gede-gedean untuk Sail Tomini 2014. Mau banget, Be’a? Woyadong!!!๐Ÿ˜‰ info selengkapnya tentang festivalย di sini

Jadilah selama 2 malem ini agak galau mikir gimana caranya bisa kesana untuk ikut festival ini tapi dengan budget minim. Kenapa nyari yang minim? Ya lo pikir deh sendiri, manusia mana yang kalo diajak jalan terus gak perlu ngeluarin duit banyak terus nolak?๐Ÿ˜†๐Ÿ˜† Dengan mental gratisan seperti gue ini, maka seminim apapun mereka nawarin, tetep aja masih terdengar mahal untuk dirikuhh! #mintadigampar Sampai akhirnya inget bahwa dulu pertama kalinya kesana gue kenalan sama Ibu Ulfa, pengelola Tourist Information Center. Dan waktu itu dia bantuin banget soalnya kan meskipun udah ada pegangan panduan, tetep aja masukan orang lokal lebih bisa dipercaya. Untungnya, sebagai orang asliikk Indonesia, dia seneng banget sama gue, belum lagi gue adalah anak asliikk Poso, yang menurut dia, sodaranya juga banyak tinggal di kota ini. Gue dikasih info banyak soal Pulau Kadidiri, dikenalin sama yang punya, yang akhirnya bikin gue dapet speedboat eksklusif, cuma berdua sama temen gue dan pas mau balik, dibantuin booking tiket mobil. Well, sebenernya gue udah beli tiket jalan sekaligus pulang waktu itu, tapi ternyata pas di kapal balik menuju Ampana, Oliver, Zena sama satu bule cewek Prancis (lupa namanya) mutusin untuk ikut gue ke Poso sebelum lanjut ke Tana Toraja. Tentu saja tanpa tiket di tangan. Jadilah gue menghubungi temen gue yang ada berapa orang di Ampana untuk pliiis beliin mereka tiket. MENGINGAT, kita bakal nyampe pelabuhan Ampana jam 2-3 sore lalu mobilnya berangkat jam 4. Tentulah ketar ketir hati gue mikir kalo mungkin 3 bule ini harus gue pangku seandainya gak dapet tiket๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜† Tapi temen-temen gue, Noval, Fenny, Vicky, yang kerjanya di bank berbeda-beda tentu masih rusuh sama kerjaan jam segitu. “Maaf banget, gak bisa bantuin elo.” *langsung ship-sick*

Tapi… dengan bantuan Ibu Ulfa, begitu kapal berlabuh di pelabuhan, mereka dapet tiket di agen mobil yang sama dengan gue. Tapi karena telat, dapetnya beda mobil. Yang mana waktu itu mereka pengennya kalo bisa barengan aja. Yaelaaah Ojan, udah untung dapet tiket, mintanya masih ada aja. Penuh kesabaran seorang Ibu prenagen, gue bilang gak masalah, toh mobilnya berangkat bareng. Yaa paling kalo kita belok kiri, kalian belok kanan. Lah?๐Ÿ˜†๐Ÿ˜† Akhirnya mereka berbesar hati dan berlapang dada. Gak begitu lama, gue didatengin lagi sama Ibu Ulfa yang menyatakan bahwa dia berhasil negosiasi dengan agen untuk bikin kita semobil. Yeeeeaaay…. *peluk cium Ibu Ulfa* dan juga, mobilnya mau nungguin kita nyari makan bentar dan nungguin yang lain yang saat itu masih ngacir kesana kemari liat-liat sekitar. Ini sebenernya mobil pribadi punya kita apa gimana sikk?

Dan sekali lagi, kali ini, dengan bantuan Ibu Ulfa, gue akan kesana lagi๐Ÿ˜‰ ;-)!!! Insya Allah๐Ÿ™‚

Tadi gue sms ke Bu Ulfa, (eh kita udah akrab aja gitu soalnya pernah sekali dua kali smsan nanya kabar, posisi, ya gitu gitu deh…) nanyain soal festival ini. Apakah benar atau hanya perbincangan semata? Menimbang bahwa gue sebenernya udah ada rencana untuk balik ke Togean sekitar September bareng temen-temen tapi bisa nambahin jadwal bulan ini demi si Mbak festival.

Gue: Bu, denger-denger mau ada Festival Kepulauan Togean ya? Saya pengen kesana lagi kalo emang ada.

Ibu Ulfa: Belum jelas juga sih, Dek. Tapi kalo kamu mau, kamu bisa dateng aja dulu kesini sambil santai-santai.

Santai-santai? Gak salah tuh??? Enak banget bilang dateng dulu aja buat nyantai. Emangnya duit gue nyantai juga gitu pas mau dikeluarin eh ternyata festivalnya batal?

Gue: Wah, rugi di saya dong, Bu, udah dateng tapi festivalnya gak ada.

Ibu Ulfa: Rugi di kamu, gimana? Kan saya yang pesan kamu.

Maaak, gue jadi menu yang bisa dipesan orang lain. Apakah gue cukup enak untuk dicicipi?๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

Gue: Saya kan keluar duit buat bayar penginapan. Belum lagi dengan transportasi saya kesana.

Ibu Ulfa: Maksud saya, kalo kamu beneran niat pengen dateng, boleh aja sebagai tamu saya. Kamu nginepnya di resort sepupu saya aja di Poya Lisa. Hanya untuk beberapa hari kan? Saya yang akan antar kamu. Saya juga akan ke Palu tanggal 20 untuk beberapa hari. Kalo kamu mau, kita bisa sama-sama berangkat ke Ampana begitu saya pulang. Gimana?

bungalow poya-lisa-islandphotos taken from tripadvisorย  — info selengkapnya tentang Pulau Poya Lisa di sini

Gue sambil tercengang WHOAAAA….. apakah ini maksudnya “Gak ngeluarin duit Rp. 150.000,-/orang/malam??? Gak ngeluarin duit untuk tiket mobil + kapal PP Rp. 200.000,-???”

Gue: Yaampun, Ibu, terima kasih sekali untuk tawarannya. Saya cek jadwal kerja saya dulu ya. Semoga bisa cocok dengan jadwalnya Bu Ulfa. Saya usahain deh nyampe sana kalo ada yang bisa saya bantuin pas festival, saya pasti bantu.

Jadi, apa yang akan gue lakuin selanjutnya?

๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰

47 thoughts on “Togean Islands’ Festival 2013 – Gratis!!!

      1. Kalo Upanya macem-macem, langsung diposting deh, PASTI!! Biar gak ada yang pengalamannya jelek lg sm dia๐Ÿ™‚

        Semoga saya dapet waktu dan bisa kesana…

      1. Haha saya sih cinta semuanyaaah. Kalo bisa masuk sampe kerak bumi pun saya mau,๐Ÿ˜†๐Ÿ˜† Maruk banget yaaak…
        Kalo gak suka ke hutan, ikut sama saya aja ke pulau๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰

      2. Aku jg kalo bs maunya kemana2 tp kalo naik turun gunung kayaknya udah lewat masaku hihi. Itu beberapa taon lalu, skr mah udah jompo gak kuattttt

      1. Haha, tapi siapa tau kapan-kapan kamu mau kesini, ajak saya aja. Saya akan dengan senang hati lho…๐Ÿ˜€

        Togean oleh-olehnya apa ya?
        Postcard deh kalo ada. Mau gak?

      2. heyyaa…๐Ÿ˜€ saya juga mau mbak..
        wah apa ya? saya aja baru denger nama togean di pos mbak ini. hhoho.. mau mau mauuu..๐Ÿ˜†

      3. Saya udah posting soal Togean beberapa kali. Yuk di cek biar tau gimana keindahan Togean.
        Siapa tau nanti jadi pingin banget ngunjungin๐Ÿ˜€

  1. Win, mupeng bgt si gue pengen ikutan jugaa.. Temen2 gw yg dah pada ke togean juga ngomong tempatnya bagus.. ahh Indonesia memang kerenn..

  2. halo mbak winda… saya ada rencana mau ke togean, menginap dikadidiri. kalau dikadidiri ada kapal buat eksplor pulau2 ditogean gak? kira kira kisaran berapa ya biayanya… dan kalau mau ke pulau papan perkampungan suku bajo dari kadidiri bisa gak? berapa juga kira kira biaya sewa kapalnya buat kesana? maaf ya mbak banyak nanya :))) makasih

    1. Halo Nunu Nuris
      Wah udah setahun lewat nih saya ke Togean. Jadi lupa-lupa inget deh
      Coba nanti tanya langsung ke pemilik penginapan. Bisa saja mereka menyediakan kapal kecil untuk dipakai mengeksplor pulau lainnya, masalah harga, nega langsung ya, hehehe

Leave a Reply

