Wisata Situs Rumah Raja Pontoh

Terletak di Boroko, Kab. Bolaang Mongondow Utara, Sulawesi Utara…

DSC04443

Raja Ram Suit Pontoh adalah Kakai (Kakai = Opa) gue sendiri, tapi bukan Kakai secara langsung juga, udah jauh di atas gue, memimpin daerah sejak 1907-1950 (source : here) Sekarang kan gak pake kerajaan lagi, adanya kabupaten.

Dulu, pas Poso rusuh, sekitar tahun 2000an, gue sama ortu pindah kesini selama setahun dan barulah gue tau kalo ternyata silsilah keluarga kami adalah keluarga kerajaan Kaidipang Besar *berasa sodaraan sama Ratu Inggris aja๐Ÿ˜†๐Ÿ˜† Jadinya tiap ngunjungin kampung halaman Ayah, pasti selalu mampir ke rumah ini.

Yang jagain tempat ini sekarang adalah Om gue dan keluarganya. Mereka tinggal di rumah bagian kanan, menyatu sama Komalig, sementara Om yg satunya lagi punya tempat tinggal yang gak satu bangunan sama Komalig tapi masih di halaman yg sama. Sekarang, bangunan utama udah dijadiin museum, begitu yang gue denger. Tapi waktu itu, beberapa kali dateng gak sampe masuk soalnya udah diajakin ngobrol sama keluarga-keluarga yg ada di situ. Tapi pasti ketika gue balik lagi akhir Oktober nanti, gue bakal liat deh. Sekalian foto-fotoin bagian rumah bagian kanan yang untuk ditinggali dan rumah bagian belakang, dulunya rumah buat dayang-dayang gitu deh. Soalnya kalo liat foto rumah utama kok kayaknya rumah rajanya kecil banget yaaaa…

Gerbang masuk ke Komalig
Gerbang masuk ke Komalig

DSC04414DSC04416 DSC04420 DSC04426

Info tambahan:

Sebagai keturunan langsung, kami juga memiliki gelar kebangsawanan dari Kerajaan yaitu Abo untuk Laki-laki dan Boki untuk Perempuan. Ini semacem Duke dan Duchess gitu kali yaaa…

Sedikit info tentang Komalig R.S Pontoh DI SINI dan DI SINI

47 thoughts on “Wisata Situs Rumah Raja Pontoh

  1. Halo, Boki Winda! Hehe..
    Wah seru banget bisa mengenal sejarah keluarga. Aku juga baru diceritain pas lebaran lalu bahwa nenek buyutku (neneknya papa) dulunya putri dari keluarga bangsawan sunda, tapi karena menikah dengan kakek buyut yang merupakan orang biasa, beliau meninggalkan keluarganya. kayak cerita sinetron ya. hehe..

    1. Halo juga …. Maisya (gak tau gelarnya apa jadi dipakein titik titik dulu hehe)
      Aku tiap mau balik ke kampung Papa pasti browsing lagi soal silsilah keluarga biar kalo sampe sana bisa ditanyain lg yg lbh lengkap. Jd kyk menguak tabir sejarah *uopooh

      Pasti Kakek buyutnya baik banget sampe Nenek buyut mau ninggalin keluarga…๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰

    1. Harus dicoba nih ke Sulawesinya. Tinggal pilih mau ke Sulawesi yg bagian mana. Kalo ke tempatku, sudah pasti aku ajak ketemuan trs aku ajak jalan-jalan…๐Ÿ™‚
      Nginep semalem di istananya juga boleh (gaya bgt macem yg punya hak penuh atas istana) hahaha

    1. Hehe, turunan ke berapa sih, gak langsung juga. Buyutku gitu๐Ÿ˜€
      Ada, kalo buat yang cowok dipakein Abo depannya, kalo cewek Boki. Jadi namaku jadi Boki Winda,๐Ÿ˜€

  2. Belajar tuh gue dulu soal kerajaan2 nya..๐Ÿ˜€ Tapi dri sekian banyak yg gue ingat cuman Boki Silagondo..ahahha.. siapa dia? Aku pun lupa ;p Mantap nih klo nyangkut sejarah gini.

  3. ah, keren! Wind .. kau ternyata punya garis keturunan raja ya? sayang kalau di jawa gelar hanya berlaku dari garis keturunan laki-laki, kalau dari perempuan bakal hilang CMIIW, .. dengan demikian gak membuktikan kalau aku juga keturunan bangsawan T-T <= *eaaaa pamer :))

  4. Windaaa, itu caranya taro Feedjit di blog teh kumaha? Gw udah baca instruksinya tp gak paham.. gak nemu-nemu dimana plugin wordpressnya..

      1. Susah banget ya?
        Aku sekali coba waktu itu langsung jadi hehe tapi gak ngerti kalo mau ngejelasinnya.
        Coba deh tny ke temen2 lain yg lebih dulu masuk ke wp hehe

  5. baru tau ternyata boki itu gelar kebangsawanan ya. Dulu ada temen yg namanya boki. Gw mikir ih lucu banget ini nama. Ntar kalo punya anak perempuan mau dinamain Boki ahh (tanpa tau itu gelar) x)

      1. Aduh apa ya? Aku juga nggak begitu populer sih blognya. Susah kalo mau bilang postingannya banyak komen.Haha. Kadang suka heran aja kalo banyak yang bersedia ninggalin komen.
        Umm, tapi kalo boleh kasih saran ya rajin-rajin BW deh, ninggalin komen di blog temen, tapi bukan komen yang “Halo, kunjungi blogku yaaa” Wah, malesin banget komen macem itu. Coba komennya yang sesuai isi kontennya biar yang baca seneng dan bersedia ngunjungin balik blogmu. Contoh, “Yaampun, 10 lagu terbaik Maroon 5, semuanya favorit aku. Suka denger kalo lagi diem di kamar terus ngeblog.” Simpel aja kan?
        Gimana?

  6. Hay win aku juga dari bolaang mongondow tepatnya di kotamobagu….kalu di kotamobagu istilah kerajaan dulu buat laki2 abo juga tapi buat yg cwek bua’….bedah juga….!!! Udah win pulang deh ke bolmut (boroko) kan barusan pilbub di sana yang jadi bupatinya pak depri pontoh …ya paling msh sudaraan sama kamu …hehehe

    1. Hi, Richard
      Maap yak telat balesnya.
      Wah ketemu kawanua lagi dong ini.
      Iya ya padahal daerahnya deket tapi beda. Tapi gpplah, biar beda tetep satu Sulawesi Utara๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚
      Mau Om, mau Kakai ya kalo gak lulus ya tetep aja gak lulus. Saya gak jadi ke Boroko, hehe. Kerjaannya gak dapet. Skrg jadinya di Bali.

  7. Shalom Winda,

    Salut sama kamu mau share sedikit sejarah keluarga kita lewat blog. Kalau bukan kita siapa lagi yg perduli melestarikan sejarah keluarga kita?
    Sama spt sy, kamu pasti punya buku silsilah kerajaan Pontoh. Agar disimpan sebaik mungkin krn itu bukti otentik silsilah kerajaan kita.
    Salam buat keluarga di Manado. Kalau main2 ke Goldcoast Australia lemme know ya. God bless!

    1. Betul itu, kalo bukan kita, siapa lagi?
      Saya sih sudah nggak punya lagi buku silsilah, mungkin Papi saya masih punya.
      Jauh banget ya sekarang udah di Australia. Doakan aja biar bisa kesana.
      Kalo ke Bali juga, jangan lupa kabari ya๐Ÿ™‚
      Terima kasih sudah mampir…

  8. tapi sayang kerajaannya di musnahkan kakek saya, hehehehe… biasa.? sampai sekarang saya jadi pemberontak di dalam keluarga pontoh…๐Ÿ˜€

Leave a Reply

