Perjalanan ke Tanjung Bira #2 : Snorkeling, Pantai Bara dan Perayaan di Bira Dive Camp

Pantai Bara
Pantai Bara, Bulukumba, Sulawesi Selatan

Lanjutin cerita di Bira yang pertama, cerita kali ini hari kedua gue solo traveling ke Bira. Seperti yang udah gue ceritain pas gue makan malam di Warung Bambu, gue kenalan sama Mr. MB dan kemudian janjian untuk share perahu buat snorkeling ke pulau Liukang dan penangkaran penyu. Jam 8 kurang 10 menit kita udah ketemu sama Pak Samsul yang lagi ngangkutin bahan bakar ke dalam perahu. Pak Samsul nggak sendirian, ditemenin sama Bang Someone (maap gue lupa namanya, hehe😀 ) Disitu kita langsung menuju ke perairan yang ya Tuhan bikin gue mewek lagi saking cantik dan jernihnya itu laut yang biru banget.

Sayangnya, gara-gara terlalu heboh dan riang berlebihan, gue sampe lupa kalo gue bawa kamera. Begitu perahu kita berenti, langsung pake life jacket dan peralatan snorkeling lalu nyebuuuuurrrr!!! Nggak ngambil foto lautnya dulu. Manalah kamera gue kali ini bukan underwater camera. Huhuhu

Begitu udah sejaman main-main, liat-liat, dan renang-renang sama ikan-ikan unyu (sambil ditarik sama Bang Someone) kita lanjut ke Pulau Liukang untuk makan siang. Gue doang yang makan soalnya kata si Mr. MB nggak baik kalo lagi renang trus makan. Ntar tenggelem.

?????

*ada yang bisa konfirmasi nggak kalo bener apa enggak?*

DSC04935
Ini nih Mr. MB dari Italia

DSC04911  Pulau Liukang

Pulau Liukang

Udah pasti dong buat makan siang mau mesen apa. Ikan bakar rica-rica. Hmm, sedaaap!!!🙂🙂

DSC04942

AKU KANGEN AIR YANG JERNIH ITU, MAMAAAAAK!!!

————-

So, setelah perut dan mata kenyang, sekitar jam 1an kita langsung balik. Mr. MB udah keliatan capek sih. Gue juga sebenernya tapi gue nggak akan biarin capek bikin gue brenti jalan dan memilih untuk tidur aja. NO NO NO. Gue masih punya daftar tujuan. Pantai Bara!

Masih segaris pantai dengan pantai Bira, hanya Pantai Bira kan udah komersil banget ya, kalo Bara tuh agak tersembunyi jauh.

Untuk ke pantai Bara pun gue mendaki gunung lewati lembah, mbake. Sriusan. Gue ketemu sama satu orang Bapak di pantai terus gue tanyain, “Pak, pantai Bara jauh nggak dari sini?” Jawab si Bapak, “Ah enggak, Dek. Paling jalan 30 menitan doang.” Dan deung! Gue jalan hampir 2 jam tapi pantainya nggak nemu-nemu. Gue bisa aja dengan mudah menyusuri pesisir tapi sayangnya air lagi pasang jadi harus lewat daratan di atas. Menyusuri jalan setapak yang agak serem soalnya masih jarang dilewatin orang. Ada jalan tapi berbatu-baru dan cadas.DSC04959Tapi perjalanan panas-panasan sampe keringet ngucur macem abis ngegarap sawah seharian kebayar dengan Pantai Bara yang OMAGAH!!!! Ah-wesome…

DSC04962Liat sodara airnya yang bergradasi ituhh!!! Pasir yang macem bedak bayi, pohon kelapa yang daunnya rimbun, angin yang niup-niup telinga gue sampe akhirnya gue ketiduran hampir 2 jam. Nikmatin suasana sepi dan cantik sendirian ditambah urat kaki yang mulai kaku bikin gue pulas.

DSC04971 DSC04976 DSC04980

Setelah puas tidur dan foto-foto *tapi yang di upload kesini  beberapa aja ya, hehe sisanya mau dinikmati sendiri –pelit* gue ke Mangga Lodge, salah satu resort yang bikin gue bangkrut pastinya meskipun nginep semalam doang. Rp. 750.000,- semalem, aiiikkk! Untuk seorang pejalan yang sukanya gratis or at least super murah macem gue, 300an aja udah mikir keras. Gue nggak mau check-in ya disini, mampir ke restonya aja. Mereka buka untuk umum kok. Gue mesen Pineapple Pancake, sama es krim kelapa. Ummm, nyam nyam nyam… *akoh masih kebayang sama lelehan coklat di atas pancakenya*

Restoran di Mangga Lodge
Restoran di Mangga Lodge

Dan yang selalu paling asik kalo jalan sendirian tuh ya ketemu orang baru. Hari itu, pas mau ke Pantai Bara gue ketemu sama beberapa orang staff di Bira Dive Camp dan mereka pula yang nganter gue pulang ke penginapan gue, pake motor. Yeaaay! No more pain on my leg yaaaa… Udah gitu gue diajakin untuk ikut pesta bareng mereka. Malemnya mereka bakal ngerayain beberapa orang yang akhirnya dapet gelar master for diving, ya sekitar 4-5 oranglah. Dan gue pun disetujui untuk dijemput aja daripada jalan malem berkilo-kilo di hutan rimba kan?

Oh iya sebelum gue dijemput buat ikut pesta di Bira Dive Camp, gue nyempetin waktu sejam untuk makan ke Anda Beach Restaurant. Itu tuh resto yang berbentuk kapal phinisi yang terkenal banget. Adapun di sana gue mesen nasi goreng ikan asin, mi kuah spesial dan segelas jus semangka. Oh my dear! Nasi gorengnya sedaapphh!

DSC04983 DSC04985

Gue tutup perjalanan di Bira Desember kemaren dengan ketemu temen-temen baru, berbagi tart yang manis banget krim gulanya *iyalah mak gula manis, kalo asem ya cuka* dan beberapa gelas jumbo bir. Besok paginya gue udah harus siap-siap balik ke Makassar untuk ngejar penerbangan pulang ke rumah sorenya.

CHEERS!!!
CHEERS!!!

28 thoughts on “Perjalanan ke Tanjung Bira #2 : Snorkeling, Pantai Bara dan Perayaan di Bira Dive Camp

  1. AKhirnya ada lanjutannya hahahaha.. Itu pantai bara cantik banget maaaakkkk… Ini bukan sih pantai yang kamu bilang ke dan you’ve found the most beautiful beach jadi padang2 gak ada apa2nya?😀

    1. Haha, ini juga ngumpulin niat 4 harian, Re, baru selesai😆😆 Udah agak males nyari foto dr tahun kemaren soalnya.

      Iya, pantai yang paling cantik sejauh ini yang pernah aku datengin. Bali nggak ada apa-apanya.

      Yapyap, cantik kali kan?🙂🙂

    1. Oh hehe, itu aku beli di Bandara abisnya gak tau mau buku apa. Yg diliat pertama ya Trinity lgsg beli deh hehe

      Ayo kumpulin niat biar bisa segera kesana.

      Suka snorkeling? Byuuuurrr!!!😀

  2. ih kok penyu dipegang-pegang sih? you should not have a body contact with wild things. Selain berpengaruh terhadap perilakunya, pertukaran virus rentan terjadi. Kalo terinveksi virusnya, kamu bisa ke dokter, lha kalo penyu yang tertular virus manusia? mau berobat kemana dia di laut lepas sana?

    1. Mau nggak mau sih waktu itu megang penyunya.
      Sebenernya si penyu udah nggak di laut lepas lagi. Bertahun-tahun ditangkap dan hidup disitu😦😦
      Dibikin macem penangkaran dan ‘dijual’ untuk dipegang. Kesian.
      Aku mau protes tapi udah bertahun-tahun dijadiin bisnis, Kak. Aku ikut deh jadinya.

    1. Halooo, Wee
      Emang nggak seterkenal pantai-pantai lain di Indonesia. Tapi indahnya nggak kalah kok.
      Di Tanjung Bira, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.
      Cobain deh kalo ada waktu🙂

  3. Windaaaaaaaa… Lo tegaaa bangett bikin gw ngencesss.. Manalah jadwal gue mantai masih Maret akhir.. Ishhh.. Bener2 deh lo ya.. Kalo deket dah gue cipok2 pake iler dahh… Beninggggg bangetttt sikk itu airnya… Ohemjiii.. Pengenn nyeburrr..huhuhuh..

    1. Bahahahaha, makanya Mamaaaaaak, begitu ada waktu ksong capcus ke Bira. Tapi jangan 2 harian macem daku, Mak. Nggak cukup.
      Masih mau. Yaaah, 4 harian boleh deh…
      Untuk sementara silakan dinikmati fotonya yee🙂🙂

  4. Terima kasih sudah datang ke Tanjung Bira…..masih banyak lho pantai di sekitar Tanjung BIra, pantai Timur dan pantai Barat yang tak kalah cantiknya, misalnya pantai Panrang luhu, Pantai Samboang, Lemo-Lemo, Mandala Ria dan masih banyak lagi…..terima kasih sudah memperkenalkan tanjung bira mmelalui blog….

    Salam

    Bugis Makassar Trip
    Twitter : https://twitter.com/BugisMksrTrip
    Email : bugismakassartrip@gmail.com
    Facebook :https://www.facebook.com/bugis.travel
    http://bugismakassartrip.blogspot.com/

Leave a Reply

