Maaf, anda bukan bule!

Tinggal di Bali ternyata nguji kesabaran juga. Bukan pertama kali pastinya dengar kalo turis asing selalu diberi harga lebih mahal kalau mau belanja. Pokoknya kalo liat mereka, langsung deh kedengeran KA-CHING,  kalo mau diilustrasikan, udah langsung ada logo dolar di matanya. Jadilah mereka pada baik kalo sama bule. Nah, yang kasian tuh kitanya yang asli Indonesia kalo nggak dilayani dengan baik. Ini menurut pengalaman pribadi gue ya selama tinggal di Bali, curhat dikit, hehe…

Gue jalan, makan atau belanja di sini berasa didiskriminasi banget. Pernah gue jalan sepanjang Jalan Raya Seminyak, ceritanya pengen window shopping aja sore-sore pas weekend, trotoar kan penuh sama yang lagi jalan, sama pemilik toko-toko, sama motor-motor yang diparkir, Mbak-mbak salon yang nongkrong sambil nawarin paket spanya pada nggak pedulian tuh pas gue “permisi permisi ke mereka. Ngeliat doang terus ketawa ketiwi lagi. Tapi begitu denger “excuse me” dari yang kulitnya putih-putih, langsung ngasih jalan, yaaa sambil tetep nawarin. Pas lagi liat-liat aksesoris pinggir jalan juga gitu, yang jagain nggak ada masa yang datengin padahal udah panggil-panggil. Lebih milih nemenin yang berlabel bule. Coba kalo jalan bareng Dan, langsung deh dibaik-baikin. “Mbak yang ini aja, cantik lho kayak Mbaknya.” Meehhh, gombal…

Beberapa kali makan di resto atau cafe juga suka bikin sebel kadang-kadang. Gue sering kasih senyum lebar ke Mbak-Mbak/Mas-mas yang kerjaannya bilang selamat datang doang di pintu depan. Biasanya kalo di resto yang karyawannya nggak profesional, pas gue tanyain menu spesial atau mungkin ada paket apa yang lagi ditawarin buat dinner, mereka diem aja tuh. Malah kadang suka lama nganterin menunya. Kalo bareng Dan, mereka ngintilin terus sampe kita duduk terus disodorin menu sambil dikasih senyum bersinar, “Kalau mau pesan, panggil saya aja ya, Mister.”

Pernah juga sekali pas ban mobil kita mogok sama bannya kempes *apes banget dah* Si Dan beresin mobilnya gue nyari bengkel buat mompa ban. Ada lah nemu bengkel sekitar 50 meter, gue tanyain bisa mompa apa enggak. Kata mereka nggak bisa. Nggak kuat dayanya kalo buat mobil, bisanya motor doang. Waktu itu si Ibu yang yang ngejawab. Gue beralih ke Bapak yang di sebelah, jawabannya sama juga. Sama Mas yang disitu juga ikut nimpalin dengan kata-kata yang kurang lebih sama, mobil nggak bisa, motor doang. Baliklah gue ke mobil, ngasih tau ke Dan kalo bengkel itu tuh nggak bisa. Deket-deket itu juga udah nggak ada bengkel lagi. “Telponin mekanik yang biasa aja deh buat ngurusin itu mobil, kita pulang pake taksi aja.” Trus Dan bilang kalo dia aja yang nyoba ngomong ke orang bengkel itu. Gue bilangin aja, “Good luck deh.” Nggak lama kemudian udah muncul dia ama si Bapak-bapak tadi sambil narik-narik alat buat mompa itu. Lha, kenapa pas gue tadi si Bapak bilang nggak bisa?

Pas liat gue si Bapak senyam senyum, terus katanya “Mbak kok nggak bilang kalo mobilnya kempes doang?” Terus tadi gue ngomong apa ke Bapak?… Si Dan bisikkin gue kalo pas dia dateng tadi mereka langsung tanyain butuh bantuan apa, dia bilang pompa mobil, ntar dibayar 50ribu. Langsung deh si Bapak ngambil alat-alatnya. Yakali gue kesitu mau mompa nggak pake bayar.

Sambil nambah angin si Bapak bilang, “Mbaknya sama bule pasti enak ya hidupnya, nggak usah susah-susah kerja.”

Elaaah, Pak. Kalo enak mah saya sekarang ongkang angking kaki nggak usah masuk kantor lagi, masuk salon aja tiap hari.

“Coba tadi Mbaknya bilang ini mobil bareng pacarnya yang itu, kalopun bengkel saya nggak bisa, saya cariin yang bisa bantuin deh.” Lalu gue manyun…

Balik lagi ke pengalaman nggak enak soal perlakuan ke anak ploduk asli Endonesa, dulu pas pertama pindah Bali kan gue mau nyewa motor tuh biar kalo mau kemana-mana gampang. Starter motor, pasang GPS, jalan deh. Ada beberapa tempat penyewaan motor yang bilang nggak bisa ngasih ke gue soalnya mereka nyewain buat bule doang, bisa ngasih harga lebih tinggi soalnya. Maaakkk, kesian bener gue yang kulitnya coklat cenderung item ini meskipun udah gue kasih senyum termanis yang bisa gue bentuk pake bibir gue, tetep aja kadang ngaruh sama mereka-mereka yang emang target konsumennya bule, bukan anak Indonesia.

Jadi maaf aja ya buat beberapa toko atau resto yang meskipun Dan ngebujuk buat kesitu lagi soalnya barangnya bagus, murah atau makanannya enak tapi gue berkeras bilang enggak mau nginjakin kaki disitu. Udah terlanjur sakit hati ceritanya, hehe

Tapi kalo mereka lagi ada hot deal beli satu gratis 2 bisa dipertimbangkan deh, hahaha #masihmentalgratisan

Masih ada beberapa pengalaman kurang enak sebenernya yang pengen gue cerita, tapi kok kalo sampe dibagi ntar curhatnya jadi panjang banget dong😀😀

22 thoughts on “Maaf, anda bukan bule!

    1. Mungkin karena udah sejak lama yang dateng banyakan bule. Kita yang Indonesia terpinggirkan soalnya nggak bawa dolar. Huhuhu

      Etapi jangan males kesini dong, kan nggak semuanya begitu. Bali tetep enak kok, cuma beberapa pihak aja yang prefer bule drpd kita.

  1. Ini namanya perasaan inferior yang masih tersisa di Indonesia…jadi menempatkan “bule” di kedudukan yang seolah-olah lebih tinggi dibandingkan orang Indonesia sendiri. Duh😦

  2. Ceritanya lain kalo dimata pelayan masyarakat. Saya pernah ndampingin mbak-mbak CS di PLN distribusi Bali di Denpasar. Rata-rata lebih milih ngelayanin orang indo daripada bule.

    1. Ya sih kalo sama layanan masyarakat enakan yg asli Indonesia, udah ngerti jadi nggak usah jelasin banyak2. Udah gitu kalo dikasih paling ngangguk2 doang, nggak banyak komplen.

  3. ih parah banget emang win yang kaya gini2 nih, pada songong2 bener ya karena sekarang bali isinya bule mulu dimana2. udah santai aja win, gandeng Dan aja kalo ada yang jutek2 gitu hihihihihi

    1. Jadi berasa kayak bukan bagian dari Indonesia lagi gak sih? Masa warga lokalnya malah dikasih tampang galak.
      Dan aja kadang suka gerah loh, abisan dia dikasih harga mahal melulu, hehe

  4. Kakak…. pedih bngt baca ini😥😦 ini jadinya kita berasa ga liburan d negara sendiri deh. iya sih bule mungkin ud jelas bakal datangin banyak pundi2 dollar tapi kan nggak gini juga kan ya *ikutan sebel.

Leave a Reply

